Full width home advertisement

Berita

Article

Post Page Advertisement [Top]


 

















No Box Leadership" menurut Umi Rusilowati & Naqoy (2021:21) adalah konsep kepemimpinan yang menekankan pemikiran dan pendekatan yang inovatif dan tidak terbatas oleh konvensi atau batasan tradisional. Berbeda dengan "Out of the box Leadership" yang masih mengakui adanya batasan atau kotak sebagai titik referensi, "No Box Leadership" benar-benar mengabaikan keberadaan kotak tersebut. Beberapa karakteristik utama dari "No Box Leadership" adalah:

  1. Inovasi Tanpa Batas: Pemimpin dengan pendekatan ini terus mencari cara baru dan kreatif untuk menyelesaikan masalah dan mencapai tujuan, tanpa terikat oleh aturan atau cara berpikir tradisional. Walau banyak yang meragukan dan apatis namun terus menjalankan visinya dengan humanis (Hermawan, 2011).
  2. Fleksibilitas dan Adaptabilitas: Mereka mampu beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan situasi dan kondisi pasar, serta siap menghadapi tantangan dengan solusi yang tidak konvensional. No Box adalah perubahan itu sendiri yang bisa saja terjadi setiap waktu , baik yang bisa diduga maupun sama sekali tidak terduga, era distrupsi adalah keharusan yang harus diwapadai dengan benar. Perencanaan yang matang dan keberanian adalah dua hal penting di era serba arah ini (Kasali, 2020).
  3. Pemikiran Kolaboratif: Menghargai dan mendorong kolaborasi lintas disiplin dan batasan organisasi untuk mendapatkan ide-ide yang lebih segar dan beragam. Tidak terkurung oleh satu warna dalam berkolaborasi walau tidak meninggalkan warna dasarnya, karakter yang kuat adalah pembeda dari kepempimpinan No Box yang pada ujungnya menemukan jati dirinya sendiri (Ridwan: 2023).
  4. Keberanian Mengambil Risiko: Berani mengambil risiko yang terukur untuk mencapai inovasi dan perubahan yang signifikan.Menyeimbangkan antara keputusan logis dan intuitif adalah karakter yang mencolok dari kepemimpinan model No Box, ketika logika menawarkan keragaman masalah, hati masih menawarkan solusi untuk melakukan tindakan nyata yang jelas dan tajam (Umi Taslim, 2021).
  5. Fokus pada Peluang, Bukan Hambatan: Alih-alih terfokus pada masalah atau hambatan, mereka lebih fokus pada peluang yang bisa diambil dan bagaimana cara terbaik untuk memanfaatkannya. Bisa mengelola fokus adalah hal yang sangat penting dalam kepemimpinan “No Box”, kebanyakan ide segar dan tidak bisa mengendalikan fokus adalah kebiasaan pemimpin rata-rata. Namun kepemimpinan “No Box: justru memiliki kekuatan fokus, seperti seorang Sniper yang mentargetkan dengan jelas, detail dan tepat.
  6. Memberdayakan Tim: Memberikan kebebasan dan kepercayaan kepada tim untuk berinovasi dan berkontribusi tanpa rasa takut terhadap kegagalan. Ini adalah kunci sukses  manajemen organisasi yang melakukan pendekatan “No Box”,kekuatan sebuah tim ketika mendapatkan kepercayaan diri  dan kepercayaan dari pimpinan untuk melakukan inovasi.

Pendekatan "No Box Leadership" mendorong organisasi untuk terus berkembang dan bertransformasi, terutama di era yang penuh dengan perubahan cepat dan disrupsi teknologi.

 

PROFIL TERBARU NAQOY (MASTER TRAINER THE 7 AWARENESS)

Bottom Ad [Post Page]